Denatour Tour Travel Haji dan Umrah Islami

Cara Pendaftaran Umroh

Cara Pendaftaran Umroh- umroh bermakna kan ziarah (mengunjungi atau dikunjungi) ke Baitullah untuk melakukan ibadah Umroh. Umroh bisa dilakukan kapan saja, hanya ada waktu-waktu tertentu untuk dimakhruhkan untuk menjalankan umroh yaitu pada saat jamaah haji berwuquf di padang arafah, hari Nahar (Idul adha) pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari-hari tasyrik (tahun baru islam).

Umroh merupakan sebuah keinginan mulia yang setiap umat islam bisa menjalankan ibadah di tanah suci mekkah, dimana bisa melakukan tawaf, sya’i di safa dan marwah.

Perlu disiapkan jika anda ingin melakukan ibadah umroh, anda perlu menyiapkan berapa dokumen yang dibutuhkan untuk umroh:

1. Paspor

Dokumen wajib dibawa oleh seseorang sebagai tanda pengenalan bila ingin berpergian keluar negeri dengan berbagai keperluan. Dokumen ini sangat dibutuhkan oleh seseorang jika ingin melakukan umroh, pastikan data untuk paspor sesuai dengan nama anda yang ada di akte kelahiran. Jangan sampai ada salah penyebutan nama, karena akan menghambat anda di bandara karena paspor akan di periksa di setiap bandara.

2. Visa

Visa merupakan suatu syarat atau izin resmi untuk memasuki suatu negara, yang memuat aturan untuk Batasan waktu tertentu dan jenis keperluannya. Sedangkan visa umroh merupakan memiliki izin untuk keperluan beribadah ketanah suci dan dikeluarkan langsung oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.

3. Kartu kuning bebas Miningitis

Selain untuk memeriksakan kesehatan, pemerintahan Saudi Arabia telah menetapkan bagi semua calon jamaah haji dan umroh harus telah melakukan imunisasi/vaksinasi agar terhindar dari penyakit radang selapu otak (meningitis).

Vaksin yang digunakan untuk kesahatan ini telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) dan di nyatakan halal oleh fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

4. Surat Mahram

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh wanita yang usianya dibawah 45 tahun dan tidak didampingi atau ditemani oleh mahram(suami).

Maka dari itu diharuskan membuat surat mahram, karena Pemerintahan Saudi Arabia telah menetapkan calon jamaah wanita harus ditemani oleh suami atau mahramnya sesuai agama islam dan ketika calon jamaah wanita tidak memiliki persyaratan keduanya harus membuat surat mahram.

Selain itu, anda harus memastikan setiap data-data yang ada pada Akte, KTP, KK, Ijasah pastikan semua sudah sesuai dan sama tak ada salah nam atau apapun itu. Karena jika ada kesalahan akan menghambat keberangkatan anda.

Kemudian setelah melengkapi dokumen-dokumen yang ada sudah dipersiapkan, kemudian ad acara untuk mendaftarkan umroh sebagai berikut:

1. Mengisi form pendaftaran umroh

Sebelum mengajukan surat rekomendasi dari kementrian agama, anda harus lebih dahulu mengisi form untuk memudahkan untuk proses persyaratan dan surat pengajuan rekomendasi untuk pembuatan paspor dan visa ke tanah suci mekkah.

2. Passpor asli dengan 3 suku kata yang sudah aktif minimal 7bulan

Karena ini akan melengkapi data yang dibutuhkan untuk pemberangkatan umroh, minimal 7bulan aktif agar passpor sudah bisa digunakan untuk berpergian ke tanah suci mekkah.

3. Paspoto 3×4 dan 4×6 berwarna masing-masing 6lembar

Paspoto ini untuk melengkapi setiap data yang dibutuhkan mulai dari tanda penggenal dan lain sebagainya agar data-data anda tidak tetukar oleh orang lain.

4. Fotocopy KTP, surat nikah dan KK
Untuk melengkapi setiap data-data agar tidak adanya kesalahan setiap nama atau pun tempat lahir.

5. Buku kuning suntik meningitis

Buku ini untuk memastikan bahwa kita sudah melakukan suntik meningitis, karena saat di bandara nanti kita akan diperiksa oleh petugas. Buku ini jangan sampai tertinggal
Adapula persyaratan tambahan untuk melakukan pendaftaran umroh, walaupun hanya tambahan sebisa mungkin anda menyiapkan dengan teliti dan sudah antisipasi.

Persyaratan tambahan:

1. Buku nikah asli bagi jamaah suami istri
Ini untuk bukti saat di tanah suci, sebagai bukti bahwa sudah mejadi suami istri.

2. Akte kelahiran asli bagi jamaah umroh di bawah 17tahun

Karena ada calon jamaah yang dibawah 17tahun belum memiliki KTP, sebagai tanda penggenalnya adalah akte agar saat disana jika ada kesalahan data-data pada dokumen bisa ditunjukan yang memang benar akurat.

3. Surat mahrom bagi jamaah perempuan di bawah 45tahun

Surat mahram ini sebagai syarat untuk melakukan umroh bagi calon jamaah perempuan yang akan berangkat sendiri atau tanpa didampingi mahrom.

4. Surat keterangan sehat bagi jamaah yang memiliki riwayat sakit

Surat keterangan sehat ini dibutuhkan untuk kepentingan anda, jika anda pernah memiliki riwayat sakit yang perlu penanganan khusus. Anda harus membuat surat keterangan ini untuk melakukan ibadah umroh. Karena saat ibadah umroh yang paling utama adalah kesehatan jasmani dan rohani, supaya ibadah nyaman dan tenang.

5. Jika dibutuhkan jamaah harus melampirkan surat pernyataan dari keluarga

Kalau ini, jika anda beribadah sendiri tanpa di damping mahrom atau belum menikah. Anda harus melampirkan surat dari kelurga, bahwa keluarga mengetahui anda sedang melaksanakan beribadah umroh.

Persiapkan dengan teliti dan rapih setiap dokumen yang diperlukan, pastikan setiap dokumen sudah sesuai dan tidak ada kesalahan pada data-datanya. Jika anda ingin mengunakan travel untuk perjalanan umroh anda pastikan, anda menggunakan travel yang sudah resmi terdaftar dari kementrian agama dan sesuai keinginan anda.

Jangan sampai anda tertipu oleh paket-paket umrah yang diberikan oleh travel umroh, karena sudah banyak calon jamaah ataupun jamaah yang tertipu karena hanya tergiur oleh paketan serta promo harga umroh yang murah. Anda perlu memastikan di kementrian agama standar biaya umroh pada setiap tahunnya agar anda tidak tertipu.

Karena umroh memang bisa dilakukan kapan saja, tetapi tidak semua orang bisa melakukan ibadah umroh maka dari itu manfaatkan dan gunakan kesempatan sebaik mungkin.

Perhatikan, teliti, dan yang sesuai kebutuhan anda, karena saat ini sudah banyak sekali travel yang menawarkan berbagai paket yang mungkin dapat anda pilih untuk memenuhi kebutuhan anda.

Anda dapat menggunakan travel yang sudah memiliki pengalaman dan sudah terpercaya dalam biro dan jasa travel umroh, anda bisa menggunakan travel umroh dari:

Denatour

Karena denatour sudah berpengalaman dalam mengangani setiap jamaah yang ingin melakukan perjalanan umroh, denatour sudah berdiri sejak tahun 1995 dan sudah memiliki izin dari Departemen Agama Republik Indonesia pada tahun 1996.
Kemudian denatour juga sudah memiliki izin dari Pemerintahan Arab Saudi sebagai perusahan asing yang berada di Saudi Arabia dan sebagai pemilik sekaligus pengelolah hotel-restauran yang berada di kota Jeddah-Mekkah dan Madinah.